Alur Pelayanan di Puskesmas

Alur Pelayanan di Puskesmas
 Simpus merupakan suatu perangkat lunak atau dalam istilah Komputernya adalah Software yang dimana fungsi utamanya adalah untuk mengolah data Pasien yang berkunjung di Puskesmas. Data Pasien tersebut seprti : Anamnesa, Pemeriksaan Fisik, Terapi, Diagnosa Penyakit, Pengobatan serta pemeriksaan penunjang lainnya yang selanjutnya akan disimpan kedalam database dan akan ditampilkan kedalam Histori Pasien atau Rekam Medik.

Pada tahap pengembangan  awal yang saya buat adalah Simpus untuk Kunjungan Pasien Rawat Jalan. Secara umum alur data serta pelayanan di semua puskesmas hampir sama (kecuali petugas data entrinya...hehehe). Namun untuk beberapa proses administrasi ada juga disebagian daerah membutuhkan karcis untuk mengecek jumlah kunjungan dan biaya administrasi (harian, mingguan, bulanan serta tahunan) sementara daerah lain cukup dengan laporan rekapitulasi saja.

Secara umum alur pelayanan pasien di Puskesmas adalah sebagai berikut :
1. Pasien berkunjung ke puskesmas, ada beberapa Puskesmas yang menyediakan nomer antrian baik berupa kertas bertuliskan nomer urut atau yang sudah digital. Namun ada juga puskesmas yang percaya pada kesadaran pasien sendiri untuk antri sehingga tidak perlu menyerobot urutan Pasien lainnya.
2. Pasien dipanggil sesuai nomor urutan untuk didaftar di loket pendaftaran. Pada proses ini, dicatat nomer Rekam Medis Pasien atau dibuatkan nomer rekam medis untuk Pasien yang baru pertama kali berkunjung.
3. Pasien menunggu sementara petugas akan mencari Rekam Medis Pasien yang bersangkutan di ruang catatan medis, untuk diberikan ke unit Pelayanan atau Poli dimana tempat Pasien ingin berobat.
4. Pasien dipanggil oleh petugas bisa juga oleh perawat.
5. Pasien diperiksa, dicatat Anamnesis, Terapi, Diagnosa dan lain-lain, termasuk obat yang diberikan dan tindakan medis kalau ada.
6. Pasien keluar, sementara dari unit pelayanan membuat resep untuk diberikan ke ruang obat.
7. Pasien dipanggil untuk membayar (di beberapa daerah sudah gratis), kemudian dipanggil lagi untuk menerima obat.
8. Pasien pulang, semoga cepat sembuh...:)

Nahhhh...:) Yang saya tulis di atas adalah alur sederhana satu proses pelayanan di puskesmas. Dan harus dicatat bahwa puskesmas tidak hanya melayani kunjungan di dalam gedung tapi juga di luar gedung misalnya di Pustu, Posyandu, Polindes, atau PKD. Tentunya menjadi satu permasalahan bagaimana data kunjungan itu bisa dimasukkan ke dalam Simpus, dengan mengingat kondisi infrastruktur IT yang berbeda-beda antar puskesmas...:)

Yuppp pada postingan kedua ini cukup sekian dulu, kita lanjutkan pada postingan berikutnya...Terima Kasih...:)

0 komentar:

Posting Komentar