Sistem Informasi Manajemen Puskesmas atau yang sering disebut dengan "SIMPUS" merupakan suatu Aplikasi Manajemen Puskesmas yang dimana fungsi utamanya adalah memanage semua data pasien mulai dari pendaftaran, registrasi, pemeriksaan (Diagnosis) serta pengobatan Pasien tersebut, kemudian data-data yang sudah diinputkan ditampung kedalam sebuah database yang nantinya akan dikategorikan sesuai dengan parameter untuk kebutuhan laporan seperti Laporan kunjungan harian, cara pembayaran, jenis penyakit serta laporan lainnya yang sebagaimana dibutuhkan didalam Manajemen Puskesmas.
Adapun beberapa manfaat dari Simpus adalah:
1. Mempermudah dan mempercepat pelayanan (responsive)
2. Membakukan prosedure dan standar pelayanan (public services standard)
3. Mendapatkan data dan informasi yang sahih atau valid (accountable)
4. Dengan seketika saling terhubung antara semua pihak memantau (transparent) 5. Mengurangi beban kerja petugas puskesmas dan dinas kesehatan (efisien)
Sebagai awalah cukup sekian pengantar Simpus dari saya, masih banyak ide dan kreativitas dalam mengembangkan simpus tentunya akan saya lanjutkan pada postingan berikutnya, terima kasih.
Simpus (Sistem Informasi Manajemen Puskesmas)
Diposting oleh
Tommy Natalianto. JH., ST.
on Kamis, 02 Desember 2010
Label:
bandung,
dinas kesehatan,
puskesmas,
simpus,
tarakan
3 komentar:
Like this simpus_v.1.0
kk minta ijin copas
boleh minta aplikasinya kak.
Posting Komentar